Jika Anda berkeinginan untuk menjadikan twitter sebagai alat pemasaran dan meningkatkan penjualan, Anda dipastikan tidak akan sendiri.
Twitter menawarkan kemampuan untuk mengikat para pelanggan dan menarik perhatian mereka terhadap produk dan layanan Anda.
Tujuannya sendiri, tentu mencari kesetiaan dan mengembangkan ide agar produk Anda
bisa diterima. Berikut ini cara menjaring pelanggan lewat Twitter.
1. Bertanya
Mulailah dengan bertanya ke pengikut Anda. Tanyakan pendapat mereka yang
ingin Anda ketahui. Apakah mereka suka logo baru? Berapa kali mereka
membeli produk Anda? Apakah mereka mau mengganti ke produk lain?
Dengan bertanya Anda mendapat gambaran singkat apa pikiran konsumen
terhadap produk Anda. Ini bisa jadi bonus tambahan. Sebab, tidak ada
yang mau mengikuti sebuah akun yang hanya berisi siaran pers promo saja.
2. Lakukan Polling Singkat
Dengan membuat pemungutan suara atau polling kecil-kecilan menjadikan
Anda punya dua keuntungan. Pertama, anda mengetahui pendapat konsumen
terhadap produk, merek dan layanan.
Kedua, Anda bisa menemukan hal-hal menarik yang bisa menjadi nilai
tambah produk Anda. Tapi jangan lupa untuk memposting hasil polling,
agar pengikut juga tahu keinginan pengikut lainnya.
Anda bisa menanyakan apa saja, tapi akan menjadi menarik jika Anda
menulis juga waktu pemungutan suara. Tweet seperti , `Polling : Di mana
Anda membeli produk ini, penutupan satu jam dari sekarang.` Maka
orang-orang yang berpartisipasi akan mengecek lagi hasilnya satu jam
kemudian.
3. Buat Akun Layanan Pelanggan
Jika Anda menerima pertanyaan, keluhan, atau komentar dari pelanggan maka buatlah sebuah akun layanan pelanggan.
Atur layanan pelanggan Anda. Misalnya, atur ke suatu link yang
menghubungkan ke laman Pertanyaan dan Jawaban, jawaban isu-isu teknis,
dan pindah ke percakapan email jika memang perlu bantuan lebih lanjut.
4. Pantau @mention
Tidak semua umpan balik tentang produk Anda di Twitter berasal dari Anda
atau produk Anda. Di Twitter, umpan balik juga bisa berasal dari
percakapan tentang produk lain.
Lakukan pencarian cepat terhadap produk Anda. Caranya gunakan pilihan
search dan masukan @produk-anda untuk mencari apa yang dibicarakan orang
tentang produk Anda.
Jika Anda menggunakan aplikasi seperti Hootsuite atau Tweetdeck, akan mudah untuk memonitor @mention tentang produk Anda.
5. Pantau Pencarian Produk, Merek, Slogan Anda
Ketika mengamati @mention, terkadang Anda menemukan bahwa orang-orang
tak hanya berbicara soal merek dan produk. Mereka juga bicara tentang
pemilik, situs, layanan, hingga bungkus produk.
Jika Anda ingin menangkap semua umpan balik tentang produk Anda secara langsung, Anda harus lebih kreatif dan inovatif
Title :
Lima Cara Gaet Pelanggan di Twitter
Description : Jika Anda berkeinginan untuk menjadikan twitter sebagai alat pemasaran dan meningkatkan penjualan, Anda dipastikan tidak akan sendir...
Rating :
5